Patroli Bersama Satgas Pamtas Yonif 315/ Garuda Dengan Tentara Papua Nugini





Kout Sota, SWARAWANITA.NET -

Prajurit satgas pamtas Yonif 315/grd yang bertugas di Pos Kout Sota, Merauke melaksanakan pertemuan dengan 1 regu satgas pamtas  tentara PNG yang bertugas di Pos Weam, dari satgas pamtas Yonif 315/grd dipimpin oleh Lettu Ckm Jamaluddin, SKM sedangkan dari satgas pamtas tantara PNG dipimpin oleh Lettu Inf Saviembi Baltazar di pintu gerbang perbatasan MM 13 Sota pada tanggal 6 Mei 2018.

Tujuan pertemuan ini adalah melaksanakan patroli dan perkenalan pasukan yang baru dari PNG KI-C Yon Tuar Fears Pors Woresbe dari pos Weam, dengan mereka melaksanakan pergantian setiap 6 bulan.




Dalam pertemuan itu ada dua hal yang menjadi kesepakatan bersama. Pertama kerjasama patroli patok harus terus dilaksanakan antara kedua belah pihak dan saling berkoordinasi demi terwujudnya ketertiban serta keamanan bersama dalam menjaga kedaulatan dan pertahanan negara di wilayah perbatasan kedua negara. Kedua Memberikan masukan kepada pihak PNG untuk membuat pos disekitar patok MM 13 sebagai pos cek Point, sehingga mempermudah masyarakat yang keluar masuk melalui pintu perbatasan di Sota.



Pertemuan tersebut membawa kesan tersendiri untuk prajurit yang hadir walaupun percakapan mereka terbata-bata dalam bahasa Inggris bercampur bahasa Indonesia. Setelah acara pertemuan berakhir para prajurit kedua negara kembali melanjutan patroli dan kembali ke tempat tugas pos masing-masing.(Aripin/Hasbi).

Posting Komentar

0 Komentar