Upaya Sinergi Untuk Percepatan PPPA Melalui Puspanas

MEDAN.SWARAWANITA.NET.-“Kita harus lakukan sinergi untuk menyelesaikanpermasalahanperempuan dan anak, “ hal ini dikatakan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Aanak ( Menteri PPPA), Yohana Yembise saat membuka Forum Partisifasi Publik Untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak Naasional (PUSPANAS) di Medan , Sumatra Utara, Senin (12/11/2018).Pernyataan Menteri Yohana sejalan dengan tujuan dari pelaksanaan Forum PUSPANAS, sebagai upaya memaksimalkan sinergi percepatan pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak antara pemerintah/pemda dengan public (Lembaga, Profesi, dunia usaha, Organisasi keagamaan,perguruan tinggi, Media dan komunitas-komnitas lainnya).

Partisipasi dan ketertiban dari seluruh elemen masyarakat sangat penting mengingat jangkauan pemerintah terbatas.Berdasarkan data BPS dari total penduduk Indonesia tahun 2016, sekitar 255 juta, hampir separuhnya adalah perempuan, dari total jumlah penduduk tersebut sepertinya atau sekita 87 juta adalah kelompok anak.

KemenPPPA melihat penyelesian masalah perempuan dan anak ini tidak dapat dilakukan secara terpisah, melainkan harus dari segala isi.”Permasalahan harus ditangani dari sisi anak, perempuan dan keluarganya.Oleh karena itu, hanya sinergitas yang menjadi solusi tutur Menteri Yohana.
Lebih lanjut Menteri Yohana menuturkan setiap lapisan masyarakat bisa mengambil bagaimana sesuai dengan kapasitas dan keahliannya dalam membenahi dan membentuk mindset masyarakat untuk berdaya, melindungi perempuan dan anak.

Forum Puspa ini diharapkan dapat menjadi medium bagi para peserta untuk berbagai pengetahuan dan pengalaman yang diharapkan dapat bekerja sama untuk melayani perempuan dan anak. Sehingga pemerintah yang diharapkan dapat bekerja sama untuk melayani perempuan dan anak.
Sehingga pemerintah dan sektor privat atau public tidak lagi berjalan masing-masing. Disamping  itu, adanya kesadaran tenaga dan anggran pemerintah tidak akan cukup untuk menyelesaikan permasalahan perempuan dan anak, maka dibutuhkan sumberd daya manusia yang justru sangat besar dan dapat langsung menyentuh masyarakat, dengan demikian sinergitas sangat dibutuhkan ujarnya.Dalam forum ini, peserta dapat berdialog lebih jauh dengan pemerintah yang apad akhirnya dapat terlibat aktif untuk memperkuat partisipasi public untuk kesejahteraan perempuan dan anak melalui kesepakatan-kesepakatan bersama ujarnya.(hms/dh)


Posting Komentar

0 Komentar