Panen Raya Di Kabupaten Bone


BONE.SWARAWANITA NET.-Bertempat di Dusun Bakke Desa Kajaolaliddong Kec. Barebbo Kab. Bone telah dilaksanakan Panen raya kedelai  oleh Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaeman,ST, bersama  Danrem 141/Tp yang diwakili Kasrem 141/Tp Letkol Inf Bobbie Triyantho S.I.p serta Forkopinda  Kab. Bone dalam rangka program swasembada pangan nasional TA 2018  degan luas lahan 100  Ha.Kamis (27/12/2018).

Adapun Inti  sambutan Ir  Hj Nur Fitriani (Kepala Dinas pertanian tanaman pangan, Hortikultura dan perkebunan Provinsi Sulsel"
-  Kedelai merupakan suatu komoniti mengandung nabati sangat diperlukan kepada tubuh manusia.

-  Telah mengalami peningkatan atas kerja keras semua para petani termasuk penyuluh pertanian.

-  Bone ini adalah kabupaten tiga dimensi punya potensi sangat kaya, punya konstribusi terbesar di Sulsel dan  Bone kedepan bisa menjadi sentra untuk bawang putih dan Pengembangan kedepan agar di pasilitasi pengairan dimana saat ini warga biasanya tanam 2 kali setahun nanti bisa panen 3 Kali setahun.

Adapun sambutan Bupati Bone"
-  Meberikan penghargaan yg setinggi tingginya atas dedikasi pengabdian loyalitas dan kerja keras para pemangku kepentingan bidang pertanian terutama pada petani kedelai kelompok tani, para distributor sarana produksi pertanian,para pendamping non formal dan Masyarakat Barebbo selalu konsisten selalu menanam kedelai dan merupakan sentra tanam kedelai dan hasil bisa di jadikan bibit.

-   Kec. Barebbo merupakan menjadi sentra pertanian hampir semua pertanian di coba di kec. Barebbo ini dan barebbo merupakan tulang punggung di bidang pertanian dan paling tinggi perekonomiannya sulawesi selatan karena ditopang oleh petani yg bekerja dengan baik dan berhasil.

Adapun Sambutan  Andi Sudirman Sulaeman ST (Wakil Gubernur Sulsel) "
-    Akan mengupayakan bantuan bibit agar bisa tersebar di enam regional yang ada di sul-sel, agar petani bisa menikmati bantuan bibit pemerintah dan bisa membuahkan hasil yang berlimpah.

-  Akan menggodok pengadaan sumber air dan harus terfokus masalah pengairan agar bibit air jangan hanya menunggu tadah hujan saja serta memprongramkan kedepan Irigasi dan bendungan serta mengharapkan agar petani khususnya di Kec Barebbo harus rutin menanam kedelai dimana hasilnya selama ini sudah berhasil dan hasil panennya bisa terserat kedaerah daerah lain.

Setelah melaksanakan Panen dilanjutkan Penyerahan Hand traktor secara simbolis oleh Andi Sudirman Sulaeman ST (Wakil Gubernur Sulsel) kepada Kelompok Tani Berupa 3(tiga) Handtraktor dan 2(dua) Mesin pompa air.


Hadir pada kegiantan tersebut.
* Letkol Inf Bobbie Triyantho SIP Kasrem 141/Tp Mewakili Danrem 141/Tp.
* Bupati Bone Dr A. Fahsyar Mahdin Padjalangi MSi.
* Ir  Hj Nur Fitriani Kepala Dinas pertanian tanaman pangan, Hortikultura dan perkebunan Provinsi Sulsel.
* Ali Ismail Akabi Alijamil Kultura dari Kementerian RI.
* Letkol Inf Mustamin Dandim 1407/Bone.
* AKBP Muh Kadarislam SH,SIK Kapolres Bone.
*  Hj Nurni Farahyanti, SH, MH Kajari Bone.
* Ir.H.Sunardi Nurdin M.Si Kadis pertanian Kab Bone.
* Para unsur Tripika Kec Barebbo.
* Para Kepala SKPD Lingkup Pertanian
* Para undangan, para camat,  para Kepala Desa , para penyuluh kelompok tani, Tokoh masyarakat dan Masyarkat Desa Kajaolaliddong kurang lebih 500 orang.

Cc. Yth. 1. Asintel Kasdam XIV.
               2. Aster Kasdam XIV.
               3. Kapendam XIV.
               4. Kasrem 141.
               5. Para Kasirem 141

Posting Komentar

0 Komentar