Kementerian Perdagangan RI Meraih Rekor Muri

BANDUNG.SWARAWANITA NET.-Museum Rekor Indonesia (MURI) memberikan pernghargaan kepada Kementrian Perdagangan melalui Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita yang melakukan penandatanganan 251 prasasti Kantor Metrologi di seluruh Indonesia dalam peringatan Hari Konsumen Nasional di depan Gedung Sate, Jalan Dipongeoro, Kota Bandung, Rabu (20/3/2019). Angka 251 prasasti yang ditandantangani tersebut tercatat sebagai penandatanganan prasasti terbanyak secara serentak.
Angka tersebut pun menggugurkan catatan rekor sebelumnya ketika masa pemerintahan Ahmad Heryawan pada 2017 lalu tepatnya 14 Maret 2017 di Hotel Intercontinental, Dago. Saat itu Pemprov Jawa Barat menerima penghargaan rekor MURI sebagai penandatanganan prasasti terbanyak secara serentak. Rekor Muri mencatat, terdapat 117 prasasti yang ditandatangani.
Enggar mengatakan, penandatangan prasasti gedung metrologi di sebagian kota kabupaten se-Indonesia tersebut merupakan bagian dari peresmian yang dilakukan oleh pemerintah. Ditemani Gubernur Jabar M. Ridwan Kamil, Enggar menandatangani prasasti pembangunan gedung metrologi.
“Pembangunan gedung metrologi menjadi salah satu upaya pemerintah dalam melindungi konsumen. Metrologi menjadi instansi yang bertanggung jawab dalam menjamin timbangan atau alat ukur yang digunakan oleh para pedagang,”kata dia seperti diberitakan wartawan pikiran rakyat, Novianti Nurullah, Rabu.
Menurut dia, peresmian kantor metrologi tersebut pun untuk memicu kabupaten kota lainnya agar segera memiliki kantor unit metrologi legal. Dirinya pun menargetkan tahun ini seluruh kabupaten kota memiliki kantor unit metrologi legal.
Selain kantor unit metrologi, menteri perdagangan pun meluncurkan Kang Ujang yang merupakan tukang juru timbang di Jawa Barat. Hal tersebut sebagai bentuk ajakan kepada para pedagang agar menjual sesuai ukuran yang dijanjikan, dan konsumen pun terus teredukasi mengenai haknya.
Senior Manajer MURI, Yusuf Ngadri mengatakan, peresmian serentak kantor badan metrologi legal se-Indonesia tersebut agar konsumen atau masyarakat lebih dilindungi dalam hal pengukuran atau tera. Raihan tersebut memecahkan rekor sebelumnya yang dilakukan pada masa gubernur Heryawan yaitu meresmikan 117 gedung UMKM secara serentak.
“Banyaknya gedung yang diresmikan, MURI akhirnya menganugerahi piagam rekor kepada Kementerian Perdagangan RI,|” ucap dia.
Pihaknya mengharapkan dengan peringatan harkonas dan edukasi kepada masyarakat, tidak ada lagi kasus penipuan dan kecurangan setiap transaksi ekonomi di masyarakat.

Posting Komentar

0 Komentar