Pendekar Cilik Pencak Silat Pancer Seto Siap Harumkan Ibu Pertiwi Di Kancah Dunia.

SUKABUMI.SWARAWANITA NET.-Sebentar lagi Bangsa Indonesia akan menyaksiakan sebuah perhelatan Akbar Dunia Pencak Silat  di Indonesia yang di Pelopori oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) bekerjasama dengan  IPSI  akan mengelar  Merpati Putih Open 2019 Piala Panglima TNI yang merupakan sebuah Kejuaraan Pencak Silat Prestasi & Pemasalan terbuka untuk seluruh perguruan Anggota IPSI di seluruh Indonesia.


 Acara Merpati Putih Open ini digelar mulai  1 sampai dengan 4 Mei  2019 di GOR  Ciracas, Jakarta Timur yang didalamnya akan  memperebutkan Piala Bergilir Panglima TNI juga Piala Tetap KSAD, KSAL dan KSAU.

Menurut Ketua Umum Panitia MP Open 2019 Dr H Abdul Kharis Almasyhari, MM Ak, penyelenggara event akbar ini adalah PPS Betako Merpati Putih Pengurus Daerah Jawa Barat bekerjasama dengan Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB IPSI) dan Korps Lembaga Wasit Juri DKI Jakarta. Menurut Kharis dalam event tersebut juga akan dilakukan Pencatatan Rekor MURI  untuk peragaan Jurus Tunggal  Tangan Kosong yang diikuti 2000 pesilat.

Sedangkan tujuan dari perhelatan akbar ini adalah untuk melestarikan Pencak Silat sebagai budaya bangsa, mempererat silaturahmi perguruan dan pesilat, serta menjaring pesilat potensial dan berprestasi untuk bisa mewakili Indonesia di pertandingan skala Internasional. Menurut dia, event ini akan diikuti 1500 peserta dari berbagai Perguruan Pencak Silat di Indonesia dan juga peserta dari Luar Negeri.

Adapun peserta yang akan mengikuti  dalam perhelatan ini   akan diikuti oleh Pesilat dari Jepang, Korea, Thailand serta Arab Saudi sudah menyatakan siap ikut Malaysia dan Singapura dan negara negara yang khususnya berada di wilayah Asia.

 Indonesia sebagai Tuan Rumah dalam Perhalatan akbar ini  sudah menyiapkan para pesilat -pesilat tangguhnya yang sudah disiapkan  untuk membawa harum nama bangsa dan Negara di kancah Dunia.

Salah satu pesilat cilik tangguh yang siap berjuang untuk membawa harum NKRI ini adalah  Hanggareksa Harya Setamenggala yang biasa dipanggil Menggala sang pendekar cilik  dari Padepokan Pencak Silat PANCER SETO.

Menggala adalah sosok anak yang sangat aktif dan berbudi pekerti luhur adalah putra pertama dari Mayor Marinir Dhaning Zhailendra yang saat ini berdinas sebagai Wadan Puslatpur Marinir Antralina. Menggala merupakan siswa kelas 4  Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Cijantung Jakarta Timur.

Sejak kecil Menggala yang berdomisili di Perumahan PASPAMPRES Cimanggis Depok dididik dalam lingkungan keluarga yang agamis dan disiplin. Menggala mulai mendalami ilmu bela diri pencak silat sejak usia 7 tahun  ketika itu baru menginjak kelas satu.

Ternyata pelatih Menggala pendekar cilik ini adalah ayahnya sendiri yang juga merupakan Pembina Padepokan Pencak Silat PANCER SETO di Depok.

Atas ridho Allah Subhanahu wa  Ta'ala, Menggala si pendekar cilik ini selalu dapat tempat terbaik di setiap kejuaran pencak silat yang ia ikuti.
Di antara Prestasi yang pernah diraih oleh Menggala adalah kategori tanding/tarung Usia Dini :
1. Juara 2 Kejurnas JKTC-7 Menpora Cup 2017.
2. Juara 1 Kejurnas STIEMJ Ketua MPR RI Cup 2017.
3. Juara 1 PBO IV tingkat Asia - Eropa 2018.
4. Juara 1 PBO V tingkat Asia-Eropa 2018.
5. Juara 1 Kejurnas JKTC-10 2018.

Prestasi tersebut merupakan ijin Allah Subhanahu wa Ta'ala serta buah dari perjuangan dan latihan Menggala di bawah binaan sang pelatih yang juga ayahnya sendiri.

Dalam kejurnas Panglima TNI CUP yang akan digelar bulan Mei mendatang yang digelar di GOR Ciracas Jakarta Timur, Pembina Padepokan Pencak Silat Pancer Seto Depok berharap putranya dapat tampil maksimal dan meraih juara 1 kembali.
Beliau juga berpesan kepada para pemuda Indonesia agar cintailah Pencak Silat, cintailah budaya bangsa kita sebagai bukti cinta dan kesetiaan kita kepada bangsa dan negara ini.
Jangan biarkan Pencak Silat punah di negeri sendiri.

(Hasbi Ash Shidiki)

Posting Komentar

0 Komentar