Perempuan Sebagai Garda Terdepan Dalam Membangun Generasi Emas 2045


BANDUNG.SWARAWANITA NET.-Memperingati Hari Perempuan Internasional
Perempuan Sebagai Garda Terdepan dalam Membangun Generasi Emas 2045

Berdasarkan survey jumlah penduduk perempuan di Indonesia tahun 2018 mencapai 131,9 juta jiwa. Menurut kelompok umur, jumlah populasi perempuan Indonesia yang berusia 0-19 tahun mencapai 45,31 juta jiwa. Kemudian yang berumur 20-64 tahun sebanyak 86,57 juta jiwa dan sisanya, yakni 8,3 juta jiwa berumur lanjut usia (65 tahun ke atas). Artinya 86,57 juta jiwa perempuan Indonesia memegang peran penting dalam pembangunan bangsa Indonesia, khususnya mengawal dan mewujudkan generasi emas Indonesia di 2045.

Persoalan bangsa Indonesia saat ini adalah gizi buruk. Sebagian anak mengalami obesitas, sedangkan anak-anak lainnya mengalami hambatan pertumbuhan dan kekurangan berat badan, meskipun bersadarkan laporan Riskesdas 2018 menunjukkan adanya perbaikan status gizi pada balita di Indonesia. Proporsi status gizi sangat pendek dan pendek turun dari 37,2% (Riskesdas 2013) menjadi 30,8%. Demikian juga proporsi status gizi buruk dan gizi kurang turun dari 19,6% (Riskesdas 2013) menjadi 17,7%.

Menilik dari Riskesdas 2018, bahwa ada penurunan angka gizi buruk dan peningkatan penyakit tidak menular langsung di masyarakat, artinya ada perubahan gaya hidup yang terjadi pada masyarakat Indonesia di tengah kemajuan teknologi saat ini. Saat ini daharapkan peran aktif membantu pemerintah dalam mengatasi persoalan gizi buruk dimulai dari keluarganya dan masyarakat terdekat disekitar lingkungannya.

Dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional, Yayasan Abhipraya Insan Cendekia Indonesia (YAICI) bekerja sama dengan PP Aisyiyah mengundang rekan-rekan media untuk menghadiri talkshow dengan tema “Perempuan Sebagai Garda Terdepan dalam Membangun Generasi Emas 2045” bertempat di Aula Masjid Mujahidin Jl.Sancang No. 6 Bandung.

Dengan Pembicara :

1. Ir. Rusiana MSc, Kepala Bidang Informasi Komunikasi BPOM Jawa Barat
2. dr. Nina Manarosana R, M.Kes, Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Bandung
3. Dra. Chairunnisa, M.Kes, Ketua Majelis Kesehatan PP Aisyiyah
4. Arif Hidayat, SE, MM, Ketua Harian Yayasan Abhipraya Insan Cendikia
   Indonesia


Posting Komentar

0 Komentar