RIBUAN DOKTER DAN PERWAT DISIAGAKAN DALAM MUDIK LEBARAN 2019.

BANDUNG.SWARAWANITA NET,-Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Barat menyiapkan ribuan petugas dan sarana kesehatan ke seluruh kabupaten/kota untuk memberikan pelayanan bagi warga yang melakukan mudik Lebaran 2019

Kepala Bidang Pelayanan Dinkes Jawa Barat, Rita Kartika, mengatakan bahwa jumlah petugas yang akan disebar pada Idulfitri kali ini tak akan jauh berbeda dengan tahun lalu.

"Berdasarkan data tahun 2018, ada 4.759 perawat, 1.123 dokter dan 2.554 supir dan tenaga kerja yang menopang tim kesehatan. Jadi untuk tahun ini jumlahnya tidak jauh berbeda bahkan tidak menutup kemungkinan ada penambahan," kata Rita, Jumat (24/5).


Tak hanya itu, Dinkes Jawa Barat juga akan menyiagakan ratusan pos kesehatan di beberapa titik.
"Masih berpegangan pada data 2018, ada 315 Poskes, 654 PKM, 705 ambulans dan 17 motor PSC," ujar Rita.

Menurut Rita, berdasarkan data Dinas Perhubungan Jawa Barat, jumlah pemudik yang melintasi wilayah Jabar tahun lalu berjumlah 2,5 juta. Tahun ini, jumlah tersebut diperkirakan meningkat 10 persen.

Sebagai langkah antisipasi, pihaknya mengirimkan surat edaran kepada kepala daerah di seluruh Jabar untuk mempersiapkan tim kesehatan di pusat layanan kesehatan mulai 29 Mei-13 Juni 2019.


Selain itu, Dinkes Jabar juga membuka kontak darurat 119 yang tersebar di Bekasi, Karawang, Bandung, dan Sumedang.

"Untuk mencegah terjadinya kecelakaan, kita juga berkoordinasi dengan Polda dan Dishub untuk mengantiisipasi melakukan tes kesehatan pada pengemudi transportasi umum," ujarnya.

Posting Komentar

0 Komentar