Pembelajaran melalui Video Edukasi "Fakta Menarik" bagi Anak SD selama Belajar di Rumah (kolaborasi KKN Tematik UPI 2020 bersama Swabelajar Nusantara)


BANDUNG.SWARAWANITA NET.-Tantangan Sekolah Daring selama Pandemi Covid-19

            Pandemi Covid-19 menjadikan seluruh kehidupan masyarakat banyak mengalami perubahan. Kegiatan atau aktivitas masyarakat yang awalnya banyak dilakukan secara offline/tatap muka, kini harus beralih kepada sistem online/daring dengan menggunakan berbagai teknologi yang ada, termasuk kegiatan belajar di sekolah. Mendikbud mengatakan bahwa dalam kondisi pandemi Covid-19 tidak memungkinkan untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar yang berlangsung secara normal. Terdapat ratusan ribu sekolah ditutup untuk mencegah penyebaran, sekitar 68 juta siswa pun melakukan kegiatan belajar dari rumah, dan sekitar empat juta guru melakukan kegiatan mengajar jarak jauh (Kemdikbud, 2020). Hal ini menyebabkan para siswa harus beradaptasi dengan kondisi yang berbeda daripada biasanya.

            Rasa jenuh yang dialami siswa atau peserta didik salah satunya karena kesulitan dalam memahami materi, hal ini disebabkan oleh metode pembelajaran yang monoton dan guru hanya memberikan materi melalui platform tertentu, kemudian memberikan tugas tanpa membahas secara terperinci mengenai materi tersebut (Ningsih, 2020). Seorang guru harus terus berinovasi untuk membuat pembelajaran

jarak jauh (PJJ) yang kreatif. Selain pencapaian belajar, guru juga harus mampu mengatasi kebosanan belajar di rumah bagi siswa (Putra, 2020).

 Solusi Belajar Daring yang Menyenangkan melalui Video Menarik

            Berbagai metode pembelajaran yang menarik bagi siswa tentunya harus dapat dilakukan oleh guru maupun orangtua selama sekolah online/daring atau pembelajaran jarak jauh agar siswa menjadi tertarik dengan berbagai materi yang diberikan dan menjadi tidak membosankan. Salahsatu caranya ialah melalui pembuatan video pembelajaran yang didesain sedemikian rupa agar terlihat lebih menarik bagi anak-anak, misalnya, pemberian video dengan tips-tips atau fakta menarik yang berkaitan dengan mata pelajaran yang akan diberikan.

Kerjasama antara KKN Tematik Universitas Pendidikan Indonesia bersama Swabelajar Nusantara             

 Oleh karena itu, untuk menjawab permasalahan selama belajar online/daring bagi siswa, pada tanggal 23 Desember 2020, KKN Tematik Universitas Pendidikan Indonesia berkolaborasi dengan platform edukasi Swabelajar Nusantara untuk memberikan tayangan edukasi menarik berupa video pembelajaran mengenai "Fakta Menarik" yang dishare melalui official akun instagram @kknt66 juga @swabelajar.nusantara dengan target audience anak-anak sekolah dasar. Selain itu, video "Fakta Menarik" disebarluaskan secara

langsung kepada guru dan murid di SDN 033 Asmi Bandung sebagai rangkaian program KKN Tematik ini. Dengan dibuatnya program video "Fakta Menarik" ini diharapkan dapat menjadi suatu tayangan edukasi yang menarik bagi siswa SD, sehingga mengurangi kejenuhan dan kebosanan selama pembelajaran daring.

(Donita  Nawangayu Ningsih)

 

Posting Komentar

0 Komentar