Merayakan Imlek di Kota Kelahiranku.


CIRBON.SWARAWANITA NET.-Hari Kamis 11 Februari 2021 saya dan Istri ke Cirebon untuk merayakan Imlek. Menghadiri makan bersama warga tidak mampu di HIMAS Coffee Cirebon. Inti dari Imlek adalah menjalin kehangatan kasih dengan saudara dan sahabat. Imlek juga berbagi rejeki.
       Di HIMAS Coffee sekarang ada menu baru yaitu Rawon, Sop Iga, Sate Taichan sama Sate Sakaw
    Sore harinya mengunjungi Kelenteng Talang merayakan Malam Imlek bertemu dengan ko Teddy Kong Giok ketua Makin Cirebon dan bertemu dengan Ko Liang Gie Ketua Barong Say Naga Mas. Kami berdiskusi perkembangan budaya Tionghoa. Ko Liang Gie termasuk pendiri barong say di kota Cirebon
      Kemudian di hari Imleknya Jumat 12 Februari 2021 bersama Maria mengunjungi rumah Bapak Sucipto Chandra dan keluarga kami makan bersama di rumah Bapak Sucipto Chandra. Kemudian pulangnya mengunjungi makam ibu saya di Sasono Mulyo Cirebon dan tabur bunga ke laut untuk almarhum ayah saya. Karena ayah di kremasi. Berkunjung ke makam orang tua di hari imlek juga adalah kegiatan yang jangan dilupakan. Untuk mengingat jasa mereka dalam hidup kita.
     Inti dari Imlek adalah merayakan musim semi dan menjalin kehangatan dan keakraban dengan saudara dan handai taulan. Berbagi rejeki kepada yang kekurangan dan yang miskin. Memohon pertolongan Tuhan sebelum memulai aktivitas di hari yang baru di tahun yang baru supaya dapat hasil yang maksimal.
     Ucapan yang harus di ucapkan seharusnya Sin Cun  Kiong Hie artinya Selamat menyambut musim Semi.
      Makanan yang di sajikan di malam Imlek harus berupa masakan Sam seng merupakan hidangan yang terdiri dari ikan gurami, daging sapi, dan daging ayam. Sedangkan ngo seng terdiri dari ikan gurami, daging sapi, daging ayam, daging bebek, dan kepiting.
      Dalam malam imlek harus ada jeruk ponkam melambangkan kemakmuran karena warnanya kuning. Ikan gurame melambangkan kelimpahan dan kemakmuran
       Hari Sabtu pagi kami ditraktir Bapak Hirianto di Bentani. Sore harinya kami ditraktir Bapak Sucipto Chandra di HIMAS Coffee menikmati Sate Taican dan Sate Sakow menu baru di HIMAS Coffee. Hari minggunya bertemu Johni Souhokka kawan SD kami menikmati nasi jamblang  (Jeremy Huang)

Posting Komentar

0 Komentar