Mahasiswa KKN Tematik UPI Memanfaatkan Media Sosial Unuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar


BANDUNG.SWARAWANITA NET.-
Sudah Hampir setahun Sejak 2 Maret  2020  Wabah Covid-19 terdeteksi masuk ke Indonesia karena ada 2 orang yang terpapar virus Tersebut hingga bulan Februari tahun 2021 ini kasusnya semakin bertambah mencapai 1, 19 Juta kasus  kemudian sekitar 993 Ribu Orang Sembuh Sedangkan 32.381 Orang Meninggal dunia (Sumber : Wikipedia dan JHU CSSE COVID-19 Data). Virus yang menyerang saluran pernafasan ini sudah mempengaruhi kehidupan dalam berbagai sektor terutama sektor ekonomi  dan pendidikan. Pemerintah Terpaksa melakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) sehingga masyarakat susah untuk bekerja maka pendapatanya menjadi menurun. Di sektor pendidikan dari siswa hingga mahasiswa merasa mengeluh karena sekolah dilakukan secara online yang tidak sedikit masalah timbul akibat sekolah daring(dalam jaringan).

 

Untuk menjawab persoalan di bidang pendidikan karena adanya wabah pandemi virus corona Pendidikan Tinggi Negeri (PTN)  tidak kehilangan inovasi untuk tetap membantu dalam mendapatkan ilmu terhadap sesama meskipun pembelajaran dilakukan secara  online. Misalnya Kampus Universitas Pendidikan Indonesia melalui kegiatan KKN Tematik memberikan kesempatan kepada  mahasiswa untuk menguatkan Pembelajaran Daring dan Memberikan Edukasi Penanggulangan Covid-19 bagi masyarakat umum dan semua jenjang sekolah mulai dari TK/Paud sampai SMA/SMK diaksanakan mulai tanggal 4 Februari 2021 sampai 15  Maret 2021 dilakukan mandiri di tempat tinggal mahasiswa bersangkutan waktu pelaksanaannya 120 jam disesuaikan dengan aktifitas mahasiswa

Pelaksanaan KKN ini banyak mendapat Respon positif dari Pihak Sekolah, siswa dan masyarakat karena merasa terbantu dengan adanya program penanggulangan dan pencegahan covid-19 khususnya bidang pendidikan  dengan memanfaatkan teknologi yang ada materi pembelajaran bisa dibuat berupa video lengkap dengan penjelasannya kemudian gambar berupa poster yang menarik , dengan inovasi tersebut setidaknya siswa akan lebih tergugah untuk lebih semangat belajar. Guru dan orang tua pun menjadi terbantu dalam memahami Edukasi Penanggulangan Covid -19  ini yang membuat semu  orang nyaman, semangat dan tetap dalam kondisi sehat..

Penulis : M Ramdhan Qurrota A’yun 1800680 Teknik Elektro UPI

Berikut link Edukasi Pembelajaran Daring dan Penanggulangan Covid-19:

Kunjungi Chanel M Ramdhan Qurrota A’yun

https://youtube.com/channel/UCmymwuYoRbMM0naqEqFzkPg

https://youtu.be/sUDObdPd6FU

https://www.instagram.com/p/CLQwXv8HUtZ/?igshid=1onp47039m3oe

Posting Komentar

0 Komentar