Pramuka, Membentuk Generasi Muda Berkarakter


Kab Bandung.Swara Wanita Net.-Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Pramuka Kabupaten Bandung H.M.Dadang Supriatna dan Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Bandung Hj. Emma Dety Permanawati menjalani prosesi pelantikan dan pengukuhan pada jabatannya masing-masing untuk periode 2022-2027 di Gedong Budaya Sabilulungan Soreang Kabupaten Bandung, Selasa (22/2/2022).

Ketua Mabicab Kabupaten Bandung beserta pengurus dilantik langsung oleh Ketua Kwartir Daerah Jawa Barat Hj.  Atalia Praratya Ridwan Kamil. Sedangkan Ketua Kwarcab  Kabupaten Bandung beserta pengurus dilantik oleh Ketua Mabicab Kabupaten Bandung. Pelantikan ini dihadiri oleh jajaran Forkopimda Kabupaten Bandung dan pengurus Kwartir Daerah Jabar.


Dadang Supriatna mengharapkan dengan adanya pelaksanaan pelantikan ini dapat membangkitkan semangat dari sebelumnya yang sempat "tidur".
 

"Tujuan pramuka itu untuk membentuk anak-anak kita berkarakter. Mulai kedisiplinan dari mulai siswa TK, SD, SMP dan seterusnya," kata Dadang Supriatna, yang juga merupakan Bupati Bandung.
Ia berharap gerakan pramuka yang sempat terhenti, dapat membangkitkan kembali semangat gerakan pramuka di Kabupaten Bandung. "Terutama di sekolah-sekolah," harapnya.
 

Dadang Supriatna pun akan menindaklanjuti harapan Atalia Praratya, bahwa setiap tanggal 14 pada setiap bulannya anak-anak sekolah untuk mengenakan pakaian pramuka. "Kita akan menindaklanjutinya. Kenapa? Karena ada rasa memiliki dalam rangka menumbuhkan atau membentuk karakter anak-anak bangsa berkarakter bisa terwujud sejak dini," ucapnya.


Dadang Supriatna pun merasakan langsung dari gerakan pramuka itu, pada saat ia aktif pramuka di sekolah. "Ini akan kita transformasikan kepada anak-anak kita, sebagai generasi penerus bangsa," ucapnya.
Ditambahkan Hj. Emma Dety Permanawati, bahwa dirinya bersyukur bisa mengikuti prosesi pelantikan. "Mudah-mudahan dengan adanya pelantikan ini bisa menumbuhkan dan membangkitkan gairah pramuka Kabupaten Bandung. Untuk menuju generasi pembangunan di Indonesia," harap Emma Dety.
 


Ia berharap kepada para pengurus yang tergabung dalam Kwarcab untuk membangkitkan pramuka Kabupaten Bandung lebih maju dan lebih bangkit lagi dari pandemi Covid-19.
Sementara itu, Atalia Praratya setelah melaksanakan pelantikan,  berpesan   untuk selalu menghadirkan pramuka dengan berbagai kegiatan kreatif dan produktif di masa pandemi Covid-19 saat ini.
 

"Termasuk juga menghadirkan kegiatan-kegiatan adaptif dan solutif. Mudah-mudahan dengan kepemimpinan Kakak  Emma Dety ini akan mampu untuk terus menggerakan geliat gerakan pramuka untuk membangun karakter anak generasi muda masa kini. Yang juga go digital. Mudah-mudahan ini dapat menambah semangat gerakan pramuka di Kabupaten Bandung," harapnya.


Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Kabupaten Bandung HM Dadang Supriatna dan Ketua Kwarcab Kabupaten Bandung Hj. Emma Dety Permanawati menjalani prosesi pelantikan dan pengukuhan pada jabatannya masing-masing periode 2022-2027 di Gedong Budaya Sabilulungan Soreang Kabupaten Bandung. (Dian S)

Posting Komentar

0 Komentar