Aneka Chinese Food berdasarkan Wilayah


Bandung.Swara Wanita Net.-
 

Oleh Jeremy Huang Wijaya

Ada pepatah 健康的食物可以长寿
Jiànkāng de shíwù kěyǐ chángshòu artinya Masakan menyehatkan membuat panjang umur

           Luas China yaitu 9,7 juta km persegi dengan luas daratan 9,38 juta km persegi. Sebagai negara terbesar ketiga di dunia,
              China memiliki banyak aneka jenis masakan yang terkenal yaitu ayam kung pao dan bebek peking.
          Di negara asalnya, ragam masakan China sendiri sangat luas. China bagian utara(北方- běifāng) memiliki iklim yang kering dan dingin sehingga tidak cocok untuk menanam padi. Mereka menghasilkan gandum, jagung, sayuran akar, dan kubis. Sedangkan China bagian selatan (南方- nánfāng) memiliki iklim yang lebih lembab dan mempunyai cadangan air yang cukup. Padi yang membutuhkan banyak air dapat tumbuh subur disana. Selain padi China bagian selatan juga menghasilkan terong, tomat, dan berbagai varietas sayuran. Kondisi alam dan lokasi masakan itu berasal mempengaruhi khas atau rasa makanan.

Contohnya saja, masakan China selera Kanton. Daerah Kanton terletak di Selatan China, termasuk Hong Kong, pusat perdagangan Asia dan tempat ribuan kapal melintas. Itu mengapa selera masakan Kanton paling populer oleh hampir semua negara di dunia.

Tapi sebenarnya ini juga disebabkan oleh masyarakat Kanton sendiri yang mudah mengadaptasi selera makan bangsa lain.

Penggunaan daging sapi misalnya, kini hadir sebagai Sapi Lada Hitam atau bisa juga dibuat Cah Sapi Paprika. Padahal, masyarakat daratan China dulunya hanya mengenal sapi dan kerbai sebagai hewan pekerja, bukan hewan potong untuk dikonsumsi.

Begitu juga paprika dan tomat yang sebelumnya hanya tumbuh di dunia Barat. Tapi tahukah Anda, "ke" dalam bahasa Tionghoa berarti tomat dan "chup" artinya saus, lalu saus tomat akhirnya disebut tomato ketchup.
         Dari bagian Timur, nama kota Shanghai sering muncul di menu hidangan restoran. Sebagai kota pelabuhan internasional dan dikelilingi sungai-sungai kecil, gaya hidangan Shanghai dikenal mewah dan eksotis yang memanfaatkan sirip ikan hiu, perut atau usus ikan dan teripang.

Sedangkan bagian Barat dikenal sebagai makanan Zechuan yang menonjolkan masakan pedas karena menggunakan banyak cabai, bawang putih dan daun bawang. Selera ini tentu saja disukai lidah orang Indonesia.
       Orang China bagian utara lebih banyak mengkonsumsi roti kukus (mantou), mie, pangsit, dan makanan makanan berbasis gandum lainnya. Sedangkan orang bagian selatan lebih banyak mengkonsumsi nasi (beras).

Buah-buahan yang dihasilkan di China utara dan selatan pun berbeda. Bagian utara banyak menghasilkan persik, apel, dan melon, sedangkan bagian selatan lebih banyak menghasilkan buah-buahan tropis seperti kelapa, pisang, mangga, dan leci

Posting Komentar

0 Komentar