KADES ELI IKUT MERINTIS BERDIRINYA DESA WARGALUYU


Sumedang, Swara Wanita Net.-Desa Wargaluyu di Kecamatan Tanjungmedar, berdiri sekitar tahun 1982, hasil pemekaran dari Desa Cikaramas. Kepala Desa Wargaluyu, Eli Karlinah, satu diantaranya, yang turut membidani lahirnya Desa dengan luas wilayah 634,43 hektar ini.

Sebagaimana penuturannya kepada awak media Swara Wanita beberapa waktu lalu.
Kades Eli mengaku telah aktif di PKK dari awal berdiri Desa Wargaluyu. " Setelah memisahkan diri dari Desa Cikaramas, saya telah aktif sebagai PKK. Terputusnya sebagai PKK, ya setelah  terpilih jadi kades saja," tuturnya.

Meskipun aktif selaku penggerak PKK, Eli tidak menyiakan kesempatan untuk bergerak di sektor lainnya. Perempuan lulusan SMEA ini, pernah pula  ikut di Panwas. Merias pengantin pun terus ia jalankan. Meski, kadang, bila dalam kesibukan selaku kades, ia alih tangankan urusan salon dan tata rias pengantin kepada salah seorang anaknya.

Menurut Eli, jadi seorang kades itu harus segala daek dan segala bisa. Dalam arti, meskipun bukan paknya, berusaha untuk bisa. Untuk mampu, " Apalagi bagi seorang wanita seperti saya. Bukan berarti wanita itu pondok lengkah. Tapi, kalau berusaha, pasti bisa sejajar dengan laki-laki," tutur pemilik Desy Salon.

Menjadi kades, kata Eli, bukan menjadi bagian dari cita-citanya sedari kecil. Bahkan, suaminya pun berkali-kali mendorong untuk nyalonkan kades. Tapi, ia pun kadang aneh. Akhirnya, ia bisa duduk pada jabatan kades, " Ya, itu barangkali, telah jadi milik dan nasib saya harus jadi seorang kepala desa," pungkanya. ( M. Arpha SE )

Posting Komentar

0 Komentar