Peringati HUT RI Ke-78, DPC PDI Perjuangan Garut Gelar Berbagai Kegiatan Sosial dihadiri Ali Syakieb.


Garut.Swara Wanita Net.-Anggota DPRD Kabupaten Garut Fraksi PDI-Perjuangan Yuda Puja Turnawan membantu para pengidap thalasemia dengan melakukan bakti sosial donor darah di Kampung Astanagirang RW 03 Kelurahan Sukajaya Kecamatan Tarogong Kidul Kabupaten Garut Jawa Barat.

Menurutnya pengidap thalasemia jumlahnya di Garut ada 368 penderita thalasemia, untuk mereka minimal per bulan harus ada 750 labu darah, terutama golongan darah AB.

“Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, saya berkolaborasi dengan kawan kawan district asgir 03, PMI Garut dan Dinkes Garut menggelar jalan sehat, donor darah, dan pemeriksaan kesehatan gratis di kampung astanagirang RW 03 kelurahan sukajaya kecamatan tarogong kidul,” katanya, Sabtu 19 Agustus 2023.

Saat ini sangat penting untuk warga Garut yang sehat agar bisa menjadi pendonor darah karena terbatasnya ketersediaan labu darah terutama bagi penderita thalasemia yang harus rutin mendapat tranfusi darah tiap bulannya.

Menurutnya di Garut ada 368 penderita thalasemia, untuk mereka minimal per bulan harus ada 750 labu darah, terutama golongan darah AB.

Untuk tahun 2024 rencananya ada fasilitas kesehatan yang komprehensif di kantor PMI Garut. Tentu ini berkat dukungan pemerintah daerah dan DPRD Garut.

Pemeriksaan kesehatan gratis ini sebagai upaya preventif mendeteksi kesehatan warga pada umumnya.

“Juga sebagai bentuk edukasi kepada warga agar selalu melakukan pemeriksaan kesehatan ke faskes terdekat seperti puskesmas,” katanya.

“Saya mengapresiasi anak-anak muda Districk Asgir yang mengisi peringatan kemerdekaan ini dengan kegiatan positif,” ucapnya.

Lalu ke Puskesmas Tarogong dan puskesmas kersamenak yang berkenan mengirim dokter dan nakes lainnya untuk memeriksa kondisi kesehatan warga yang mengikuti jalan sehat.

Lalu ke PMI Garut yang tak kenal lelah mencari pendonor darah agar warga garut yang membutuhkan labu darah bisa terpenuhi.

“Alhamdullillah kegiatan ini juga dihadiri oleh selebritis nasional kang Ali Syakieb. beliau adalah salah satu caleg DPR RI dari dapil Jabar XI. Beliau ikut jalan sehat dan ikut memberikan doorprize kulkas,” katanya.(Intan)

 

Posting Komentar

0 Komentar