Prediksi Ekonomi September-Desember 2023



Bandung.Swara Wanita Net.-
 

Oleh Jeremy Huang

Nilai tukar rupiah berada di level Rp15.217 per dolar AS pada Jumat (11/8) pagi. Mata uang Garuda melemah 32,5 poin atau 0,21 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mata uang di kawasan Asia bergerak bervariasi. Yen Jepang menguat 0,07 persen, baht Thailand menguat 0,03 persen, peso Filipina menguat 0,15 persen, won Korea Selatan melemah 0,21 persen, dan yuan China melemah 0,06 persen.

Dolar Singapura menguat 0,09 persen dan dolar Hong Kong terpantau stagnan pada pembukaan perdagangan pagi ini. Hal ini akibat Amerika Serikat (AS) mencatatkan inflasi sebesar 3,2% secara tahunan (year-on-year/Yoy) pada Juli 2023, naik dari inflasi pada bulan sebelumnya sebesar 3% YoY.
Berdasarkan data yang dirilis Biro Statistik Ketenagakerjaan AS dari dikutip Trading Economics, Kamis (10/8/2023) kenaikan inflasi tersebut menjadi yang pertama kali dalam setahun terakhir, setelah dalam 12 bulan berturut-turut mencatatkan penurunan indeks harga konsumen (IHK). Meskipun demikian, kenaikan tersebut sedikit di bawah ekspektasi sebesar 3,3% YoY). 

Dolar AS bertahan hampir datar terhadap sekeranjang mata uang utama lainnya pada akhir perdagangan Kamis (Jumat pagi WIB), karena investor mencerna laporan indeks harga konsumen (IHK) AS yang menunjukkan kenaikan moderat pada Juli 2023.
China mencatatkan deflasi 0,3% secara tahunan di akhir Juli 2023 dan merupakan level terendah.  Toko ritel/eceran asal Inggris, Wilko, bangkrut dan akan menutup 400 gerainya. Sebanyak 12 ribu pekerja terancam pemutusan hubungan kerja (PHK).


Mengutip CNN, Jumat (11/8), ritel yang dimiliki oleh keluarga ini mencari perlindungan dari kreditur setelah gagal mendapatkan pendanaan darurat, karena kas yang tertekan akibat penurunan perdagangan.
CNN Indonesia 11-Agustus-2023 memberitakan -- Harga beras naik di sejumlah pasar di beberapa wilayah di Indonesia. Saat ini, harga beras sekitar Rp13.600 hingga Rp28 ribu per kilogram (kg).
Berdasarkan info harga pangan Nasional, Jumat (11/8), rata-rata harga beras naik tertinggi untuk kualitas super I sebesar 0,34 persen menjadi Rp14.950 per kg. Hal ini di harapkan dapat menjadi perhatian dari para menteri yang berkaitan dengan ekonomi untuk dapat menjadi kestabilitasan ekonomi dalam negri. Mungkin bangkrut nya toko ritel eceran Wiko dari Inggris dapat berpengaruh pada industri Garment Dan sepatu dalam negri. Harga beras yang naik di sejumlah pasar seperti yang dikutip dari CNN 11 Agustus 2023 berharap menjadi perhatian dari menteri perdagangan. 


 Ada nya Topan Khanun menerjang wilayah selatan dan timur Korea Selatan Akan dapat mempengaruhi ekonomi Dan ketersediaan pangan dunia, karena perang Rusia lawan Ukraina belum usai. El Nino juga belum selesai. perkembangan Ekonomi dunia dipengaruhi berdasarkan pengaruh ekonomi di China Dan Amerika. Jika China Europa Dan Amerika Inflasi Akan berpengaruh pada ekonomi dunia. Dari data diatas dapat dibayangkan suram Dan gelapnya Ekonomi dunia. Ketersediaan harga pangan murah hendaknya menjadi perhatian utama. Tiap menit hendaknya menganalisa Dan mengamati perkembangan dunia Dan dalam negri. Fokuskan kerja kepada kesejahteraan rakyat hendaknya menjadi yang utama, jangan sibuk untuk meraih kemenangan dalam pemilu 2024. Sejahterakan rakyat untuk mendapat simpati rakyat.

Posting Komentar

0 Komentar