Desa Sindangsari Berhasil Mendapatkan Bantuan Program Saranan Air Limbah Domestik Setempat (SPALD-S) Tahun 2024.


Purwakarta.Swara Wanita Net.-Tahun 2024 ini Pemerintah melalui Program bantuan Sarana Air Limbah Domestik Setempat (SPALD-S) DAK memberikan bantuan infrastruktur sanitasi pada beberapa desa. Salah satunya yaitu desa Sindangsari Kecamatan Plered.

Program bantuan Sarana Air Limbah Domestik Setempat (SPALD-S) yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang sanitasi untuk tahun 2024 ini dan Desa sindangsari Kecamatan Plered dapat alokasi 65 saluran rumah(SR) dan di bangun di sejumlah rumah penduduk yang tidak memiliki fasilitas sanitasi pengolahan limbah domestik.

Total anggaran untuk pembangunan (SPALD-S) Desa Sindangsari sebesar Rp. 650.000.000.sebagai sasaran program tersebut di peruntukan kepada warga yang belum memiliki  fasilitas sanitasi, juga upaya untuk penurunan tingkat angka stanting.


Pengerjaan program (SPALD-S) tentunya tida luput dari pengawasan pihak dinas terkait, dengan menerjunkan para pengawas di lapangan (TFL) guna memastikan pekerjaan di laksanakan sesuai RAB ketentuan kerja yang sudah tersusun. Kegiatan ini juga dilaksankaan secara Swakelola dengan melibatkan masyarakat setempat dengan membentuk Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM).
Pantauan media terhadap pelaksanaan kegiatan ini menunjukan adanya pekerjaan yang sesuai standar. Ini bisa terjadi berkat kerjasama yang apik antara KSM dengan para TFL.

Salah satu warga, H. Komar, pihak nya mengaku senang dapat bantuan fasilitas sanitasi tersebut, pihaknya sangan terbantu malalui adanya bantuan fasilitas (SPALD-S) sebagai sarana pendukung untuk pola hidup yang sehat di lingkungan, serta higienis dan sehat. Terutama untuk di wilayah yang padat lingkungannya sehingga semuanya dapat meraasakan lingkungan yang sehat berkas adanya program SPALD-S ini.

De pwk

Posting Komentar

0 Komentar