Paus Fransiskus Teladan Kehidupan yang Melayani


Jakarta.Swara Wanita Net.-


Oleh Jeremy Huang Wijaya

Ada pepatah Tiongkok berkata 谁是生命中最伟大的人?他是一个想为社会地位最低的人服务的人
Shéi shì shēngmìng zhòng zuì wěidà de rén? Tā shì yīgè xiǎng wèi shèhuì dìwèi zuìdī de rén fúwù de rén artinya Siapakah yang terbesar dalam kehidupan? Dia yang mau melayani orang yang terendah status sosialnya
Dari tanggal 3-6 September 2024 Paus Fransiskus mengadakan kunjungan ke Indonesia dalam rangkaian perjalanan Apostolik
         Selama berada di Indonesia Paus menggunakan mobil Kijang Innova Xenix, perjalanan dari Vatikan lebih memilih menggunakan pesawat Komersial daripada pesawat Jet pribadi dan lebih memilih tidur di kedutaan Vatikan di Jakarta dibandingkan hotel mewah.
Pukul 11.26 pesawat yang ditumpangi Paus Fransiskus mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Paus Fransiskus yang terlihat memakai kursi roda menerima bunga dari dua anak-anak asal Indonesia.

Paus Fransiskus kemudian menyalami Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, Uskup Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo, hingga Ketua Panitia Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia Ignasius Jonan, yang menunggu di sisi pesawat. Kemudian ketika melewati Bundaran HI dari mobil Kijang Innova Xenix Paus Fransiskus melambaikan tangan kepada warga di sekitar Bundaran HI inilah pemimpin sejati.
     Berdasarkan kutipan Tempo Selasa 3 September 2024."Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir mengapresiasi sikap Paus Fransiskus tersebut. "Di tengah kesibukan dan jadwal yang padat, Paus Fransiskus berkenan berkunjung ke Indonesia dengan menggunakan pesawat komersial dan menempuh perjalanan jauh," katanya dalam keterangan tertulis, Selasa, 3 September 2024."
       Berdasarkan kutipan Tempo Senin 2 September 2024. Dokumen kemanusiaan yang akan ditandatangani oleh Paus Fransiskus dan Imam Besar Masjid Istiqlal merupakan dokumen yang dipersiapkan secara penuh antara komunitas agama dari pihak Vatikan bersama dengan Konferensi Waligereja Indonesia dan Masjid Istiqlal,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi kepada Tempo ketika dihubungi pada Senin, 2 September 2024.
      Istri saya Julia Christiani Utami bersama Rombongan dari Gereja Katolik Santo Martinus Bandung akan berangkat mengikuti misa bersama Paus Fransiskus di Gelora Bung Karno Jakarta tanggal 5 September 2024.
        "Di Indonesia, Paus akan bertemu dengan Jokowi di Istana Negara. Paus juga akan bersemuka dengan para pemimpin dan tokoh agama Katolik di Katedral, Jakarta. Kemudian, Fransiskus akan bertemu para pemimpin agama lain, seperti Islam, Kristen, Hindu, Budha, Konghucu, di Masjid Istiqlal. Paus bersama Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar akan meneken dokumen kemanusiaan.

Selanjutnya, Paus akan berjumpa kelompok marjinal, orang sakit, dan difabel di kantor KWI. Sebelum melanjutkan perjalanan ke negara lain, Paus akan memimpin misa akbar di Gelora Bung Karno.Sosok bersahaja dan rendah hati Paus Fransiskus tercermin dari pilihannya duduk di samping sopir, bukan di kursi belakang sopir layaknya tamu-tamu penting.Paus Fransiskus pelayan sejati yang rendah hati, meskipun kedudukan tinggi tetapi menghargai semua orang
           Kekaguman pada Paus Fransiskus berjumpa dengan Kelompok Marjinal, orang sakit dan difabel di Kantor KWI, Melayani kelompok Marjinal dan tersisihkan adalah Perintah Tuhan Yesus  seperti yang di tulis dalam Matius 25 ayat 40 Matius 25:40 (TB)  Dan Raja itu akan menjawab mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku.
Lukas 22:27 (TB)  Sebab siapakah yang lebih besar: yang duduk makan, atau yang melayani? Bukankah dia yang duduk makan? Tetapi Aku ada di tengah-tengah kamu sebagai pelayan.
      Marilah saat ini kita ikuti teladan Paus Fransiskus hidup dalam kesederhanaan dan layani kaum marjinal, bagi rejeki, berikan makan kepada yang lapar bertobat dari hedonisme

Posting Komentar

0 Komentar