Secuplik kisah dan Khotbah Paus Fransiskus dalam Missa di GBK


Jakarta.Swara Wanita Net.-


Oleh Jeremy Huang Wijaya

Julia Christiani Utami dan Gabriella Hosiana Jessica dari Gereja Santo Martinus Bandung Lingkungan Santa Florentina adalah peserta Misa Bersama Paus Fransiskus menceritakan Kamis 5 September 2024 Pukul 16.10  Paus Fransiskus tiba di Gelora Bung Karno dengan menaiki mobil Kijang Innova Zenix berwarna putih.
       


Paus Fransiskus ketika tiba di Gelora Bung Karno turun dari Mobil disambut langsung oleh Presiden Joko Widodo dan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan "Tak berselang lama, Paus Fransiskus langsung berganti kendaraan dengan menaiki mobil Maung MV3 Pope buatan PT Pindad. "Mobil itu berwarna putih dengan logo Maung Pindad di bagian grill depan kendaraan serta dilengkapi bendera dan segel Vatikan. "Mobil tersebut memakai pelat nomor "SCV1" singkatan dari “Status Latin Civitatis Vaticanae” (Negara Kota Vatikan) dan nomor 1 untuk menunjukkan penumpangnya adalah orang nomor satu di Vatikan, yaitu Paus Fransiskus.
        

Ketika Paus Fransiskus menaiki mobil Maung MV 3 Pope buatan PT Pindad, disambut Yel Yel Viva El Papa keliling Gelora Bung Karno menyapa Umat yang hadir di Gelora Bung Karno. Didalam Mobil Maung MV 3 Pope Paus Fransiskus ditemani oleh Ignatius Kardinal Suharyo Hardjoatmodjo menyapa umat yang hadir.
      Ketika keliling Gelora Bung Karno, Paus Fransiskus selain mendoakan umat yang menghampiri mobil Maung yang menghampiri nya. Paus Fransiskus juga membagikan Rosario.
      Dalam Misa tersebut Paus Fransiskus berkhotbah dari Lukas 5 ayat 1-11 yang menceritakan tentang Yesus naik ke perahu Simon, kemudian mengajar orang banyak dari atas perahu, setelah selesai berbicara, Yesus meminta Simon untuk bertolak ke tempat yang dalam dan tebarkan jala,, ketika Simon dan kawan-kawan nya mengikuti perintah Yesus mereka mendapatkan banyak ikan padahal sehari sebelumnya semalam malaman tidak  mendapat kan ikan, tetapi ketika Yesus memberikan perintah tebarkan jala,  mereka dapat banyak, dari kisah ini Yesus meminta kita untuk tebarkan jala cinta kasih dalam kehidupan ini. Melayani yang miskin, tersisihkan, terbuang, tebarkan jala cinta kasih melayani kaum difabel seperti Mother Theresa melayani yang miskin, tersisihkan dan yang terbuang.
          

Dalam Kesempatan tersebut Paus Fransiskus juga mengucapkan terima kasih kunjungan nya dapat sambutan, dan Paus Fransiskus kagum dengan keramahan Rakyat Indonesia dan kagum dengan Keramahan para pemuka agama di Indonesia.
     Dalam kesempatan tersebut Ignatius Kardinal Suharyo Hardjoatmodjo menjanjikan akan menjadi Gereja yang berjiwa Compassion, setia dan bertumbuh dalam iman, setia melayani yang miskin dan difabel.
"Sebelum meninggalkan lokasi misa, beberapa umat sempat mendatangi mobil Maung Pindad berpelat SCV 1 berwarna putih saat dibawa keluar petugas. Mobil itu merupakan kendaraan yang digunakan Paus saat berkeliling stadion untuk menyapa umat Katolik yang menghadiri misa.
"Ada yang terlihat membuat tanda salib seusai menyentuhnya dan ada juga yang mengusapnya ke wajah.
Salah satu umat yang melakukannya ialah Agustinus Sumarno asal Jombang. mengatakan apa yang dilakukannya itu adalah wujud keyakinannya bahwa benda tersebut sebagai sesuatu yang kudus.
     Ada 267 peserta dari Gereja Katolik Santo Yusuf Cirebon, ada 25 orang dari Santa Florentina Gereja Santo Martinus Bandung

Posting Komentar

0 Komentar