Situs Persada Soekarno bersama Abdi Dalem Keraton Jogjakarta Gelar Syukuran Hari Pancasila Menggema di PBB (30 September 1960)


Kediri.Swara Wanita Net.-Situs Persada Ndalem Pojok Kediri bersama Abdi Dalem Keraton Jogjakarta, Persaudaraan Cinta Tanah Air Indonesia Yang Dijiwai Manunggalnya Keimanan dan Kemanusiaan, lintas komunitas dan budayawan akan menggelar tasyakuran hari bersejarah Pancasila Menggema di PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa) rumah masa kecil Presiden Soekarno Ds. Pojok Kec. Wates Kabupaten Kediri. Sabtu (29/10/2024) besok.

Ketua Harian Situs Persada Soekarno mengatakan tasyakkuran ini guna mengingatkan generasi muda bangsa Indonesia agar tidak melupakan sejarah bahwa pada tanggal 30 September 1960 Pancasila pernah dibawa oleh Presiden Soekarno dalam Sidang Umum PBB untuk membangun  dunia baru yang penuh damai sejahtera.


“Kan kita hampir lupa bahwa pada tanggal 30 September 1960 itu ada peristiwa bersejarah tingkat dunia yang mestinya membanggakan kita semua sebagai rakyat bangsa Indonesia. Tapi faktanya kan kita  lupa atau bahkan tidak tahu. Bagaimana kita bisa bangga, kalau kita  tidak tahu. Inilah mengapa acara tasyakuran ini sangat penting untuk kita adakan, supaya kita ingat dan sadar. Jangan melupakan sejarah,” tandas Kus Hartono. Sabtu (28/10/2024).

Dalam acara tasyakuran  ini juga akan digelar dialog  kebangsaan.

“Satu rangkaian tasyakkuran dengan doa bersama lintas agama dan dialog kebangsaan, dalam dialog ini semua boleh memberikan saran, masukan bagaimana baiknya, supaya generasi muda tidak melupakan sejarah yang membagakan ini,” ujar Kus.


Menanggapi acara tasyakuran ini  Budayawan Kediri  Ari Hakim LC  mengaku sangat mendukung dan mengapresiasi.

“Ini penting (syukuran  Pancasila di PBB) agar generasi muda bangsa tumbuh kesadaran bahwa Bung Karno telah  memperjuangkan agar Pancasila dimasukkan  sebagai piagam perdamaian dunia di PBB. Ini sungguh keren sekali,” aku Ari Hakim LC.

“Dampaknya akan tumbuh rasa bangga, selanjutnya  generasi muda bisa meneladani semangat  perjuangan Bung Karno sebagai Bapak Bangsa Indonesia,” tegas aktifis Kampung Inggris ini.




Rencananya kedatangan rombongan Abdi Dalem Keraton Jogjakarta akan disambut dengan tari-tarian dan pemberian karangan bunga.

“Akan kita sambut rombongan Abdi Dalem Kraton Jogjakarta ini dengan seni tari, kemudian baru acara doa bersama, sarasehan dan napak tilas sejarah Sang Proklamator  di Situs Persada Soekarno.  Terahir foto bersama dan melihat pembangunan Pesantren Jatidiri Bangsa Indonesia Merajut Perdamaian Nusantara. Kan kebetulan pas hari sejarah Pancasila untuk perdamaian dunia,” ujar Sumarryono Sekretaris Panitia  Tasyakkuran Hari Pancasila di PBB.

“Kami mohon doa restu semoga acara ini selamat sukses dan bermanfaat,” pungkas Sumaryono.*

Posting Komentar

0 Komentar