Sumedang.Swara Wanita Net.-Para Penyuluh Cabang Dinas Kehutanan Wilayah 9 Jalankan Jum'at Menanam di Forum Peduli Gunung Geulis


Sumedang.Swara Wanita Net.-Gubernur Jawa Barat menurunkan  Surat Edaran No. 522.4/17/Rek tanggal 17 Februari 2020 Tentang Pelaksanaan Gerakan Tanam dan Pelihara Pohon di Lahan Kritis Kabupaten/Kota Se-Jawa Barat.

Bagi para penyuluh di Cabang Dinas Kehutanan (CDK) wilayah 9 Kabupaten Sumedang  himbauan tadi rutin dijalankan saban Jum'at dengan menggelar Jum'at Menanam (Juna).

Mereka para penyuluh rutin menggelar program Juna  bekerja sama dengan Forum Peduli Gunung Geulis, tahun ini merencanakan penanaman sejumlah komoditas tanaman keras.

Dikatakan Tatang Sutardi, kordinator Penyuluh CDK Wilayah 9 bahwa tanaman kayu yang akan ditanam adalah  finus, mahoni, kopi dan picung dengan target 10.000 benih.

Adapun  rician target pembenihan yang akan ditanam di bedeng-bedeng Forum Gunung Geulis sekitar 10.000 benih, meliputi 500 benih untuk finus,  kopi 5.000, sisanya mahoni dan picung.

" Sebagian kita memanpaatkan sisa-sisa polybag bekas Kebun  Bibit  Rakyat untuk menyediakan bibit secara swadaya, " ungkap Tatang sarjana pertanian lulusan Unwim ini.

Sementara itu Saepudin Ketua Forum Peduli Gunung Geulis menambahkan bahwa forum selamanya akan mendukung program - program terkait penanaman pohon kritis, termasuk Jum'at Menanam.

" Ketersediaan bibit di sini harus kontinyu ada, makanya selain penyediaan secara swadaya oleh forum, diharapkan bibit pun ada dari pihak lainnya, termasuk lewat program Jum'at menanam, " pungkasnya.(fadiela)

Posting Komentar

0 Komentar