Manfaat Buah Sawo dan Mitosnya


Bandung.Swara Wanita Net.-Sawo kulitnya Coklat matang, nama Latin nya Manikara Zapota berasal dari Amerika Tengah tepatnya Meksiko dan India Barat, para pedagang India yang membawa buah sawo  ke Nusantara.
        Jaman dulu ada kepercayaan tanam buah Sawo dii halaman rumah menanam kebaikan.
           Waktu jaman Pakubuwono X memerintahkan wilayah Surakarta untuk menanam 76 pohon sawo kecik. Sri Susuhunan Pakubuwana X adalah susuhunan Kesunanan Surakarta yang memerintah pada tahun 1893-1939.  
         Pada jaman Diponegoro. "Sandi komunikasi laskar Pangeran Diponegoro yang sedang pelarian itu adalah dengan menanam Pohon Sawo Kecik di depan tempat tinggalnya. Sebagai tanda mereka adalah pengikut Diponegoro."Sawo dalam bahasa Arab berbunyi sawwu. Sering kita dengar imam saat mengawali shalat mengucapkan kalimat suwwuu sufuufakum yang artinya 'rapatkan barisan.
       Konon, jika seseorang memiliki pohon sawo di sekitar rumahnya, itu memiliki arti bahwa orang tersebut akan mendapatkan keberuntungan dalam berbagai aspek seperti dalam karier, keuangan, dan hubungan interpersonal.
Menanam pohon sawo di halaman rumah melambangkan ketenangan, dipercayai dapat menciptakan suasana yang harmonis dan damai di dalam keluarga. Pohon sawo kecik memiliki makna filosofis yang diambil dari arti kata Sarwo becik yang berarti serba baik. Batang  pohon sawo kecik bermanfaat untuk membuat kerajinan dan furnitur. Di Bali batang kayu pohon sawo dijadikan ukiran kayu
    Pohon sawo terdapat di kompleks Makam Kebo Kenongo terletak di Dukuh Gedong, Desa Jembungan, Kecamatan Banyudono, Boyolali.

Kebo Kenongo sendiri adalah ayahanda dari Mas Karebet Joko Tingkir yang menjadi raja di Kerajaan Pajang bergelar Prabu Adiwijaya.

Kebo Kenongo adalah putra kedua dari Prabu Andayaningrat dari tiga bersaudara, dengan putra sulungnya bernama Kebo Kanigoro, dan putra bungsunya Kebo Amiluhur. Kemudian terdapat di "Situs sejarah Makam Selawe ini tepatnya berlokasi di Desa Dermayu, Kecamatan Sindang, Kabupaten Indramayu.
Manfaat Buah Sawo.
1.Bagus untuk pencernaan
Satu cup buah sawo, atau sekitar 175 gram, memiliki kandungan serat sebanyak 9,5 gram"
2. buah Sawo bagus untuk kesehatan Mata karena memiliki kandungan Vitamin A.
3."Buah sawo memiliki kandungan alami yang dapat membantu untuk mengeluarkan dahak dan lendir dari saluran pernapasan dan hidung.

Selain itu, buah sawo juga bisa membantu untuk mengatasi hidung tersumbat dan batuk kronis yang kerap muncul sebagai gejala demam dan selesma.

Inflamasi
Buah sawo memiliki kandungan vitamin C tinggi yang dapat mendukung produksi kolagen sehingga membuat kulit tetap lebih elastis dan menurunkan tanda-tanda penuaan.
Buah Sawo bagus untuk pembentukan Sel darah merah dan obat diare.

 

Jeremy Huang Wijaya. 

Posting Komentar

0 Komentar